SELAMAT DATANG DI BLOG PERCOBAANKU

Sabtu

Produksi Tanaman Kelapa

Kelapa adalah tanaman pertanian terbesar di Gorontalo. Banyak para petani kelapa yg sukses dalam pengolahannya, akan tetapi sebagian besar mereka mengolah buah kelapa tersebut hanya sampai pada tahap pengeringan yang sering disebut dengan Kopra dan menggunakan sisa-sisa dari pohon dan serabutnya  sebagai bahan bakar. Kemudian hasil dari kopra tesebut dijual ke pabrik  untuk proses selanjutnya yaitu pengolahan minyak kelapa.

Kelapa adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Adapun bagian-bagian yang dapat diproses lagi menjadi produk yaitu :
  1. Buah Kelapa
  • Daging Buah
- Pengolahan Daging Buah Kelapa Menjadi Minyak Goreng.
                    Banyak produk dari hasil olahan buah kelapa yang sudah diolah oleh para pengusaha sukses untuk dijadikan produk siap saji, diantaranya adalah minyak kelapa.

Adapun proses pengolahan kelapa menjadi Minyak Kelapa yaitu :
                     Kelapa dengan kualitas rendah berpeluang untuk dijadikan minyak oleh petani dengan teknologi sederhana yaitu memisahkan bakal minyak (krim dan skim) dengan air melalui penambahan emzim bromelin hanya butuh waktu +  3 jam, sehingga mutu minyak goreng yang dihasilkan relatif baik dan tidak tengik.Dengan pemakaian enzim bromelin (sari buah nenas 50 ml/kg parutan kelapa),  bakal minyak(skim dan krim) yang ada pada larutan santan dapat dipisahkan dari air dalam waktu yang reltif pendek (+ 3 jam). Untuk mendapatkan minyak kita hanya memanaskan skim dan krim  dalam waktu yang relatif pendek (+ 1,5 jam). Metoda pembuatannya adalah Sebagai berikut:

Cara Pengolahan :

1. Pilih kelapa yang tua dan segar 
2. Daging kelapa diparut. 
3. Timbang sebanyak 8 kg kelapa parut. 
4. Tambahkan 16 liter air dan diperas hingga keluar santannya. 
5. Siapkan nenas yang sudah matang dikupas kulitnya dan dibuang matanya. 
6. Parut nenas hingga terbentuk parutan nenas, kemudian diperas dengan kain saring (tanpa penambahan air) hingga diperoleh sari buah nenas  
7. Tambahkan kedalam santan dan diaduk hingga rata. 
8. Masukkan ke dalam botol aqua  yang punya kran pembuang air. 
9. Dibiarkan selama lebih kurang 3 jam hingga air dan bakal minyak (krim dan skim) 
10. Buang airnya perlahan-lahan dengan cara membuka kran 
11. Sisa santan/bakal minyak (krim dan skim) kemudian dimasak dalam kuali dengan memakai tungku anglo (hemat bahan bakar kayu) samapi terbentuk minyak 
12. Minyak yang didapat kemudian disaring dengan kain saring 2-3 kali.
13. Minyak yang didapat, kemudian dikemas dalam botol Dari 8 kg parutan kelapa didapatkan 3 botol minyak (600 ml), jika dipakai kelapa yang ukuran kecil dengan harga jual Rp. 1000/buah.

  • Serabut Kelapa
                       Serabut kelapa banyak kegunaannya, ada yg mempegunakan serabut kelapa sebagai bahan bakar rumah tangga dan ada pula mereka yg menggunakan serabut kelapa sebagai bahan isi dari sofa kursi.
- Serabut Kelapa Menjadi Sapu Ijuk
                Pembuatan sapu ijuk dikerjakan oleh tangan-tangan trampil  dengan proses sbb :
1. Memisahkan serabut, dari  lapisan luar buah kelapa, agar memudahkan proses selanjutnya.
2. Proses penyisiran, dilakukan agar serabut kelapa menjadi rapi dan tidak mudah rontok.
3.Proses penganyaman, adalah tahap dimana proses yg dilakukan untuk mengatur keteraturan dari serabut sehingga sabut kelapa menjadi pipih dan mudah untuk dipasangkan pada tiang sapu nantinya.
4. Proses pengikatan tiang sapu, adalah proses akhir dari pembuatan sapu ijuk ini.



       2. Daun Kelapa.
           Kegunaan dari daun kelapa sangat beragam, hingga saat ini masih banyak yang menggunakan daun kelapa untuk memenuhi kebutuhan sederhana, seperti pada atap rumah dari daun kelapa, anyaman dari daun kelapa, dan lain sebagainya. Adapun salah satu produk daru bahan olahan daun kelapa yaitu :
= > Sapu Lidi,
       Sapu Lidi adalah sebutan untuk alat pembersih luar rumah yang terbuat dari tulang daun yang sudah dikumpulkan dan diikat menjadi satu. Proses pembuatanya pun sangat mudah, akan tetapi di kota sangatlah sulit untuk mendapatkan daun kelapa dan membuatnya, sehingga menjadi kesempatan baik bagi para pedagang sapu ini.